Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ Akuntansi) sukses menggelar acara Hari Komunikasi, pada Kamis, 11 Agustus 2022 melalui Zoom Meeting. Hari Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh HMJ Akuntansi di bawah naungan Departemen Aspirasi, Advokasi, Informasi, dan Komunikasi. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. Moh. Mukhsin, S.E., M.M. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Dengan tema "Harmonisasi Jurusan Akuntansi melalui Hari Komunikasi untuk Membangun Sinergi dan Kolaborasi yang Efektif". Melalui kegiatan Hari Komunikasi, HMJ Akuntansi mencoba menjembatani komunikasi di lingkungan stakeholder, staff jurusan dan mahasiswa dengan cara memberikan sarana komunikasi di Jurusan Akuntansi. Sebuah momen yang nantinya diharapkan mampu menentukan langkah ke depan demi perkembangan Jurusan Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di masa yang akan datang. Kegiatan ini menjadi wadah penyampaian aspirasi oleh KBM Akuntansi kepada Jurusan Akuntansi sehingga dapat menemukan solusi terbaik guna menanggapi permasalahan yang terdapat di Jurusan Akuntansi.
Hari Komunikasi dibagi menjadi 6 sesi yaitu Sesi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, Lab Studi Akuntansi, Lab Vokasi, dan Kinerja HMJ Akuntansi. Berikut adalah beberapa poin tanggapan narasumber terhadap aspirasi yang telah disampaikan:
• Jurusan/Prodi dan Kegiatan Perkuliahan
- Untuk S1 Akuntansi, Magang tidak masuk ke kurikulum. Jadi magang bukan suatu kewajiban.
- Surat pengantar magang untuk magang mandiri adalah murni kebijakan dari Ketua Jurusan.
- Dalam magang Kampus Merdeka, konversi dicari beberapa alternatif, namun dikembalikan lagi ke jurusan apakah kegiatan MBKM tersebut sesuai untuk dikonversi dan relevan ke dalam mata kuliah atau tidak.
- Kelas dibagi menjadi kelas sinkronus dan asinkronus, dikembalikan lagi ke kebijakan dosen masing-masing.
- Mahasiswa diharapkan lebih kritis jika memang ada dosen yang tidak memberikan materi, supaya tidak mengakibatkan tertinggalnya materi perkuliahan.
- Informasi-informasi disampaikan semuanya ke dalam whatsapp grup angkatan.
- Jurusan dan Prodi sudah memberikan jadwal ke setiap dosen, sehingga diharapkan mahasiswa jika ada dosen yang kurang dalam kegiatan pembelajaran, bisa dapat memberitahu/menghubungi ke Jurusan/Prodi secara langsung.
- Transkrip Nilai akan segera di-update jika nilai sudah terinput semua oleh dosen, dan sudah memasuki jadwal pengupdate-an.
- Transkrip Nilai dan KHS merupakan bagian dari sistem pusat rektorat, jika belum ter-update maka sistem kemungkinan sedang bermasalah.
- Diharapkan mahasiswa untuk dapat mencari informasi yang valid dari sumbernya terlebih dahulu saat menerima informasi.
- Untuk D3 Akuntansi, jika membutuhkan pelayanan akademik dapat mengisi Google form pelayanan akademik D3 Akuntansi terlebih dahulu http://bit.ly/PelayananAkademikD3Ak, dan konfirmasi ke Staff Prodi.
- Informasi hanya satu pintu melalui perantara yaitu HMJ Akuntansi.
- Diharapkan mahasiswa untuk dapat membaca dan memahami informasi dengan baik.
- Transparansi nilai sudah dilakukan ke mahasiswa di tiap kelasnya oleh Asisten Lab masing-masing.
- Diharapkan untuk mahasiswa dapat meningkatkan tingkat partisipasinya saat di kelas, karena sejauh ini belum maksimal.
- Plot jadwal praktikum menunggu jadwal perkuliahan sudah selesai, sehingga pelaksanaan praktikum lebih lambat, oleh karena itu pelaksanaan UAS praktikum juga terlambat daripada UAS perkuliahan.
- Kinerja dan kualitas Asisten Lab selalu diperhatikan. Jika ada Asisten Lab yang jarang masuk atau tidak memberikan materi, diharapkan untuk melaporkannya langsung ke LSA.
• Lab Vokasi
- Lab vokasi telah menyediakan sosialisasi akademik sehingga mahasiswa dapat lebih mengetahui mengenai praktikum di tahun berjalan.
- Untuk para mahasiswa D-3 diharapkan hadir dalam sosialisasi akademik di tahun ini karena tahun ini praktikum akan diadakan offline.
- Untuk menghadapi kuliah offline, komputer sudah disiapkan, mahasiswa juga boleh membawa laptop agar dapat diisi oleh aplikasi untuk dipelajari kembali di rumah.
- Harapannya, di lab vokasi terdapat asisten lab yang berasal dari D-3, karena sejauh ini mayoritas aslab terdiri dari S-1.
- Kedepannya akan terus diperbaiki, dan akan diadakan pula rapat kembali untuk Asisten Lab.
- Informasi yang disampaikan ke KBM Akuntansi, juga menyesuaikan dengan informasi dari Jurusan/Prodi.
- Terkait saran untuk mengadakan Job Fair dan Workshop, jika ada kesempatan dan waktu kedepannya mungkin bisa untuk diadakan di bulan-bulan atau periode berikutnya.
- Kedepannya kami akan selalu meningkatkan komunikasi dengan Jurusan/Prodi agar tidak terjadi miskomunikasi.
- Diharapkan mahasiswa dapat ikut berpartisipasi dalam pelatihan-pelatihan dan program kerja yang diadakan oleh HMJ Akuntansi.
Description : Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ Akuntansi) sukses menggelar acara Hari Komunikasi, pada Kamis, 11 Agustus 2022 melalui Zoom Meetin...
0 Response to "Hari Komunikasi 2022 : Press Release dan Notulensi"
Posting Komentar